Workshop Media di SMA Cahaya Medan


Kepala Sekolah SMA Cahaya Medan, Sr. Kressensiana Levinil KSSY menghubungi aku perihal majalah sekolah mereka, Cahtime. Setelah temu bincang dan briefing dengan Suster serta tim Redaksi, kami sepakati untuk mengadakan sebuah workshop media. Tepatnya pada Senin (19 Maret 2018) di ruang perpustakaan sekolah milik Yayasan Seri Amal ini.

Pada dasarnya, Redaksi Cahtime telah menjalankan sebuah media yang baik. Aku hanya memoles sedikit saja dalam hal ‘penulisan’ dan ‘desain’. Maka, workshop yang kami laksanakan lebih banyak berkutat dalam sharing. Sebagai fasilitator, aku lebih memancing tim Redaksi untuk menggali ide-ide baru dalam dua hal yang disebut sebelumnya.

Tulisan dan desain yang menarik adalah daya tarik media, secara khusus di ranah cetak. Aku senang bisa dilibatkan media ini, sebab banyak juga memperoleh pengetahuan baru. Terutama, untuk mengetahui bagaimana seluk beluk dunia media cetak di sekolah. Ihwal yang langka kudapati di Medan.

Sahabatku, Dian Purba, dua hari sebelumnya kuundang untuk berbaur dalam workshop ini. Darinya, aku mendapat tahu bahwa ada dua jenis kegiatan penyuntingan (editing): editor isi, dan editor tata bahasa.

Kiranya satu waktu bisa menulis sebuah buku mengenai: Panduan Menangani Media Internal Sekolah. Amin.

Comments are closed.