Template Majalah Paroki (MP)


ilustrasi template Majalah Paroki di tablet dan cetak

Sudah beberapa kali saya kepikiran untuk sharing/ berbagi desain majalah paroki/ stasi maupun lembaga-lembaga yang mengayomi umat Tuhan. Namun setelah diledek Istri (Eva Barus) pada awal bulan April lalu, saya kembali khidmat ‘bergaul’ dengan laptop untuk merampungkannya.

Saya tak punya ide untuk memberi nama template majalah ini, maka saya tetap pada nama awal folder pembuatannya: Majalah Paroki (MP).

Template (format Indesign CS 5) ini didesain (dan gratis) untuk media pewartaan di gereja Paroki. Besar harapan saya, template ini dapat memudahkan pewartaan Injil maupun informasi gereja paroki.

Untuk mengunduh (download), sila klik dan download dari tautan ini.

Template ini dirancang untuk media majalah online. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk diberdayakan dalam media majalah cetak. Mengapa online? Sebab ide dasarnya adalah kesederhanaan dan seni memuat konten lebih ringkas. Dengan demikian, ada banyak ruang (space) yang kosong dalam setiap halaman. Jika diperhatikan, kecenderungan desain majalah online adalah menampilkan konten secara sederhana dan ringkas. Khususnya saat memadukan gambar dan teks.

Sejak mula pembuatan template, saya mencari font-font bawaan Windows. Ini penting untuk mengurangi kebingungan jika pengguna template ini disodori font berbayar. Memang keindahan font (Georgia, Palatino, Verdana dan Calibri) tak sebagus font berbayar. Namun untuk estetika keterbacaan sudah cukup baiklah.

Perlu juga saya sampaikan ini adalah karya dari seorang pemula. Tentu ada banyak kekurangan yang akan ditemui dalam template ini. Saya terbuka untuk menerima masukan dan koreksi agar desain template berikutnya semakin baik.

A candle loses nothing by lighting another candle.  – Father James Keller

Shalom,

AB.

Advertisements

Comments are closed.