Pelatihan Terampil Menulis bagi Postulan KSSY


Pelatihan Terampil Menulis bagi Postulan Suster KSSY Medan – 2017

Awal tahun 2017, aku memberi pelatihan terampil menulis bagi saudari Postulan Kongrengasi Suster Santo Yosef (KSSY).

Sebanyak 23 calon biarawati turut dalam pelatihan ini. Sebelumnya seniorita mereka juga telah mengenyam pelatihan yang kami (melalui Komisi Komunikasi Sosial – Keuskupan Agung Medan). Bedanya, peserta pelatihan — pada 12 hingga 14 Januari 2017 ini — fokus pada terampil menulis refleksi harian. Yakni, bagaimana menuangkan fikiran, perasaan, serta gagasan dari pengalaman sepanjang satu hari ke dalam buku harian.

Sehingga materi lebih berkutat pada seni berkomunikasi yang jelas dan menarik, melalui tulisan. Termasuk penggunaan tanda baca, penulisan gagasan yang ringkas, serta kaidah 5 W + 1 H (What, Who, Where, Why, Which + How).

Budaya menulis seperti ini ternyata telah lama ditempah dalam pembinaan Postulan KSSY.

Mengetahui ragam latar belakang budaya yang berbeda-beda, maka aku banyak menerapkan permainan serta story-telling sebagai pengantar setiap materi pelatihan. Di samping itu, aku hanya sedikit menggunakan alat pembantu presentasi, proyektor. Aku juga sangat terbantu karena peserta juga memiliki tarian dan nyanyian ‘ice breaking’ khas-nya sendiri

Pada sesi akhir, aku mencuri kiat (bapa Budi Sutedjo | Indonesia Menulis) ‘menanamkan’ inspirasi kepada pesert, dengan permainan “Membuat Pesawat Kertas & Terbang Paling Jauh).

Advertisements

Comments are closed.