Media di KAM

Catatan ini sekedar ensiklopedi perihal media di Keuskupan Agung Medan. Tentunya yang mencirikan semangat pewartaan a la pastoral Komunikasi Sosial.

Karena sifatnya sebagai ensiklopedi, tentu akan berubah seiring waktu. Bisa saja ada media baru yang belum tercatat, namun akan segera diperbaharui. Di samping, mungkin juga media tersebut telah padam, tetapi akan tetap disemat sebagai pengingat.

Berikut beberapa media tersebut:

  • majalah Menjemaat

Menjemaat merupakan majalah resmi Keuskupan Agung Medan yang diasuh oleh Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KAM.

  • majalah Ralinggungi

Ralinggungi merupakan majalah resmi Keuskupan Agung Medan berbahasa Karo. Sebelumnya majalah ini dirintis sebagai media cetak khusus Paroki Berastagi, kemudian berkembang menjadi skala Kevikepan Kabanjahe. Hingga teranyar, menjadi majalah Keuskupan Agung Medan di bawah asuhan Komisi Evangelisasi KAM.

  • majalah Parbarita

Parbarita adalah majalah Keuskupan Agung Medan berbahasa Toba. Demikian disebutkan dalam tagline cover majalah tersebut. Dalam edisi Mei 2019, disebutkan bahwa Redaksi Parbarita dipimpin Fr. Rico Tamsil Simbolon OFM Cap, dan dibimbing Penanggungjawab: RP. Christian Lumbangaol OFM Cap.

Dalam edisi Mei ini juga, disebutkan bahwa majalah Parbarita tersedia dalam versi digital (disebut sebagai e-Parbarita). Yakni, format PDF yang akan dikirim bagi para pelanggan.

  • majalah PETRA

PETRA merupakan majalah karya Seminari Tinggi Santo Petrus, Pematangsiantar. Dalam edisi September-November 2019, media cetak ini dipimpin: Rm. Laurentius Totok Subiyanto, Pr (Pelindung/ Penanggungjawab), Rm. Asrot Purba, Pr. (Pendamping), dan  Fr. Nicolaus Heru Andrianto (Ketua Redaksi)

  • majalah LEMBAGA

LEMBAGA adalah majalah karya Seminari Christus Sacerdos. Dalam edisi Desember 2018, disebutkan bahwa media ini dipimpin: RD. Josep Gultom (Pelindung/ Penanggungjawab), dan Fr. Eddy Manurung (Pendamping Umum).