Perayaan Syukur Tahbisan Episkopal Mgr. Fransiskus Sinaga di Paroki Tebing Tinggi


Paroki St. Joseph Tebing Tinggi, pada Minggu (24 Juli 2022), menggelar perayaan syukur atas Tahbisan Episkopal Uskup Keuskupan Sibolga, Mgr. Fransiskus Tuaman Safo Sinaga. Acara ini merupakan tanda syukur seluruh umat setempat, sebab Mgr. Frans berasal dari wilayah paroki ini. Tepatnya dari Gereja Katolik Stasi Santo Ignatius Penggalangan, Kec. Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai.

Perayaan syukur diawali Ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Fransiskus didampingi sejumlah Imam Konselebran. Salah satu di antaranya adalah RP. Eduard Daeli OSC selaku Parokus di Paroki Tebing Tinggi. Seribuan umat turut dalam sukacita perayaan yang digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) Asber Nasution, Tebing Tinggi.

Dalam sesi kata pembuka dan homili, Mgr. Frans menyampaikan syukur dan pujian atas rahmat Tuhan. Sebab persiapan dan pelaksanaan momen syukur ini dapat berlangsung dengan baik. “Pada hari ini, kita semua berkumpul dalam sukacita, untuk mengangkat syukur dan pujian, atas rahmat-nya yang kita terima. Khususnya atas tahbisan episkopal yang saya terima,” ucap Mgr. Frans seraya menekankan bahwa tahbisan episkopat ini adalah suatu rahmat Allah bagi Gereja.

“Saya berterima kasih kepada Paroki Tebing Tinggi dan Keuskupan Agung Medan atas pelaksanaan acara ini. Sebab bulan ini, persis satu tahun saya menjadi Uskup. Ternyata saat ini lah momen terbaik yang ditunggu oleh pastor dan umat Paroki Tebing Tinggi. Ini adalah momen sukacita bagi kita semua,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Mgr. Frans menjelaskan tentang motto episkopat -nya: “Lauderis Domine Deus Meus”yang berarti “Semoga Engkau Dipuji ya Tuhanku dan Allahku”. “Kalimat ini adalah ungkapan pernyataan dari Santo Fransiskus Assisi, dan ungkapan inilah yang menjadi motto tahbisan episkopat saya.”

Dia menyampaikan, “St. Fransiskus mau mengajak dan menyadarkan bahwa Tuhan lah yang patut disembah, dimuliakan, dan dipuja-puji oleh manusia. Dan itu lah yang saya ambil menjadi motto tahbisan uskup saya. Sebab saya mengajak diri sendiri, mau mengajak seluruh umat khususnya di Keuskupan Sibolga yang saya gembalakan. Supaya kita juga sungguh-sungguh orang Katolik, menjadi orang beriman. Yang meletakkan tangan kita, yang mengangkat tangan kita, untuk memuji dan memuliakan Tuhan.”

Usai perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan sesi hiburan serta kata sambutan sukacita dari beberapa pejabat dan tokoh masyarakat. Beberapa di antaranya adalah Rahudman Harahap dan Parlindungan Purba. Dalam satu kesempatan, Legislator DPR RI, Hendrik Sitompul menyampaikan ucapan selamat dan menyumbangkan sebuah lagu.

“Hari ini saya bangga sekali ada putra terbaik Tebing Tinggi dipercaya menjadi Uskup. Saya kira ini adalah doa kita bersama semua. Dan saya secara pribadi dan keluarga, mendoakan Mgr. Frans agar sehat-sehat selalu,” kata Hendrik. “Ketika mendapat undangan acara ini, saya segera menyanggupi, sebab saya belum pernah bertemu langsung dengan Mgr. Frans. Ini adalah kali pertama saya bisa bertemu langsung dengan Mgr. Frans.”

Selain itu, Pj. Walikota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi juga memberi ucapan selamat dan menyampaikan selamat dan doa yang terbaik bagi Mgr. Frans. “Sama-sama kita banggakan dan kita hormati, bapak Mgr. Fransiskus Tuaman Sinaga. Kebanggaan Tebing Tinggi, karena sekolahnya di Tebing Tinggi. Kalau bukan dari SMA Katolik Cinta Kasih Tebing Tinggi, tidak akan berangkat beliau sekolah menjadi Pastor di Pematangsiantar. Selamat kepada Bapak Uskup. Semoga Tuhan memberkati Bapak Uskup,” ucap Pj Walikota Tebing Tinggi.

Sempat Tertunda Beberapa Kali

Pada 6 Maret 2021, Bapa Suci Paus Fransiskus menunjuk Pastor Fransiskus Tuaman Sasfo Sinaga sebagai Uskup di Keuskupan Sibolga. Mulanya, tahbisan episkopal hendak digelar pada 20 Mei 2021, bertempat di Aula Magna Catholic Center Keuskupan Sibolga, Pandan, Tapanuli Tengah. Sebab, pada tanggal tersebut juga merupakan tanggal tahbisan episkopal Mgr. Ludovikus Simanullang OFMCap. Namun agenda ini ditunda karena bertepatan momen mudik perayaan Idul Fitri 2021, masih dalam masa pandemi Covid-19.

Tahbisan kemudian hendak dilangsungkan pada 17 Juni 2021, bertempat di lokasi yang sama. Namun kemudian, Pastor Fransiskus Sinaga terjangkit Covid-19, sehingga jadwal ini kemudian kembali ditunda.

Pada akhirnya, tahbisan episkopal berlangsung pada 29 Juli 2021, bertempat di Gereja Katedral Santa Theresia Lisieux, Sibolga Kota, Sibolga. Penahbisan ini dilaksanakan secara terbatas, dengan dihadiri sekitar 50 orang dan 4 orang uskup.

Mgr. Frans menjadi uskup ketiga untuk Keuskupan Sibolga, sejak wilayah ini ditetapkan sebagai Keuskupan (1980) setelah sebelumnya menjadi Perfektur Apostolik (1959). Dua pendahulunya adalah Mgr. Anicetus B. Sinaga, OFMCap (1979-2004) dan Mgr. Ludovicus Simanullang, OFMCap (2007-2018).

Seluruh rangkaian acara syukur di GOR Asber Nasution, ditutup dengan penyematan ulos kepada pejabat, tokoh masyarakat dan keluarga besar baik dari kalangan Gereja dan kerabat Bapa Uskup. Setelah doa dan berkat dari Mgr. Frans perayaan syukur ini pun berakhir.

(Ananta Bangun)

Mgr. Frans Sinaga diabadikan bersama tokoh masyarakat. Di antaranya, Pj. Walikota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi (dua dari kiri), dan Parokus Tebing Tinggi, RP. Eduard Daeli OSC (paling kanan)
Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.