Menampakkan Wajah Allah yang Berbelas Kasih kepada Sesama


Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung OFM Cap, pada Kamis (20 Mei 2021), mengukuhkan Pengurus baru Komunitas Kasih Tuhan (KKT) Keuskupan Agung Medan. Pelantikan pengurus periode 2021-2026 ini berlangsung di Gereja Paroki St. Antonius Padua – Hayam Wuruk.

Acara pengukuhan, yang juga disiarkan secara live streaming di channel Youtube Komisi Komsos KAM, berlangsung khidmat. Mgr. Kornelius memimpin misa syukur, bersama beberapa Imam sebagai konselebran, dan seluruh pengurus KKT KAM.

Dalam sapaan pembuka, Mgr. Kornelius mengajak seluruh pihak di KAM untuk medoakan dan memotivasi komunitas ini dalam karya menampakkan wajah Allah yang berbelas kasih setia kepada orang-orang. “Terutama mereka yang berada di dalam tahanan atau lembaga pemasyarakatan,” kata Bapa Uskup. “Kepada para domba, Tuhan pernah berkata: “Ketika aku dipenjara, engkau melawat aku” ini lah yang menjadi inspirasi kepada mereka yang kurang mendapat belas kasih. KKT KAM diharapkan mengisi kekosongan kasih kepada orang-orang.

Uskup Agung Medan memberkati pengurus baru yang dalam kepemimpinan Moderator KKT KAM, RP. Selestinus Manalu, OFMCap, serta Koordinator KKT KAM, Maria Sunarta Halim.

“Syukur kepada Allah, bahwa di KAM ada kelompok yang mempunyai keprihatinan dan kepedulian menunjukkan kasih Tuhan. Tentu untuk itu kita harus mengalami kasih Allah dalam diri kita, dan kemudian kita bagikan kepada mereka yang dipenjara. Supaya mereka juga merasakan kasih Allah dalam diri mereka. Kendati mereka dalam penjara,” ucap Mgr. Kornelius dalam homili.

Dalam kesempatan tersebut moderator KKT KAM, Pastor Seles menyampaikan,”Semoga kita bersama-sama sebagai pengurus dalam hubungan dengan Gereja KAM, dalam hubungan dengan umat, hubungan dengan pihak-pihak lain dan kalangan kita. Semoga dengan hubungan baik, kasih Tuhan semakin dialami banyak orang. Terutama bagi mereka yang kurang kasih karena pengalaman hidup yang mereka lewati.”

Pembina KKT Pusat, Vincentius Amin Sutanto, juga turut menyampaikan inti karya KKT adalah seperti Tuhan, yang tak pernah membedakan cinta dan perhatian-Nya kepada setiap makhluk, demikian pula manusia, jangan sampai membeda-bedakan perhatian kepada sesamanya.

Koordinator KKT KAM, Maria menyampaikan terima kasih kepada Bapa Uskup, para Iamam dan seluruh pihak yang terlibat dalam acara pengukuhan ini. “Semoga pelayanan KKT KAM melalui dukungan doa, kita semua dapat menimba kekuatan dari Allah. Semoga semakin solider, semakin beriman, semakin teribat. Salam lapas, salam KKT KAM.”

Kelompok Kasih Tuhan atau yang dikenal dengan KKT yang berada di Keuskupan Agung Medan mengadakan pelayanan kasih bagi penghuni Lapas atau lembaga pemasyarakatan.

KKT yang memasuki usia empat tahun di Keuskupan Agung Medan ini terinspirasi dari St. Giuseppe Cafasso yang memiliki perhatian yang besar kepada warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Turin, Italy.

Setiap bulan, pada Sabtu, Minggu keempat, KKT mengadakan pelayanan di Lapas. Sebelum memulai perayaan Ekaristi, team KKT mengawali dengan doa Koronka. Bagi warga binaan yang ingin konseling, KKT menyediakan seorang tenaga konselor dan bagi yang ingin menerima sakramen pertobatan, Pastor siap sedia melayani.

(Ananta Bangun)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.