Mgr. Kornelius: Terobosan Pupuk POS Ecosophyt sangat Dibutuhkan Umat KAM


Kelompok kategorial Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Paroki St. Yoseph Delitua, Senin (19 April 2021) merayakan ulang tahun perdana karya pupuk Pos Ecosophy. Perayaan ini berlangsung di lokasi produksi pupuk organik tersebut, tepatnya di wilayah Stasi Cinta Damai. Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung OFM Cap memimpin momen misa syukur ini.

Dalam sesi homili, Mgr. Kornelius mengatakan, mayoritas umat di KAM mencari nafkah di bidang pertanian. “Oleh sebab itu, terobosan pupuk organik Pos Ecosophy ini sangat dibutuhkan umat kita di keuskupan ini. Meskipun tampak sebagai kontribusi kecil, tapi sungguh menginspirasi yang kita yakini akan dibesarkan oleh Allah sendiri,” ucapnya. “Ketika rencana perayaan ini disampaikan, saya menyampaikan agar mengundang PSE Caritas KAM, Rektor Unika St. Thomas, dan tokoh Katolik yang bisa kita rangkul untuk bersinergi. Guna mengembangkan karya ini.”

Kepada Menjemaaat, Koordinator PSE Paroki Delitua, Pastor Riki Natun OFM Conv. menceritakan, sejak tahun 2018, Paroki St. Yoseph Delitua telah memperkenalkan pupuk organik kepada umat yang mayoritas bekerja di bidang pertanian. “PSE Paroki St. Yoseph Delitua didampingi oleh seorang ahli pertanian, lalu mengadakan penyuluhan, pendampingan dan pelatihan kepada para pengurus stasi di tingkat-tingkat rayon. Mereka juga terjun langsung ke lahan-lahan pertanian umat,” kata Imam Konventual tersebut.

Pastor Riki melanjutkan, untuk menggerakan umat menggunakan pupuk organik, PSE Paroki Delitua telah membentuk satu kelompok tani yang bernama Ula pertewas. Letaknya di Stasi St. Maria Penen, pada tanggal 26 Novenber 2019; di mana kelompok ini fokus menggunakan pupuk organik.

“PSE Paroki bersama dengan konsultan membuat pupuk organik khusus untuk kelompok tani Ula Pertewas. Sebab, kenyataan di lapangan, minat umat menggunakan pupuk organik semakin meningkat sejalan dengan hasil produksi pertanian mereka yang juga meningkat. Melihat keadaan seperti ini, DPP dan PSE Paroki Delitua mengadakan rapat bersama dengan membaca ensiklik Laudato Si dari Paus Fransiskus, DPP dan PSE,” ujarnya.

Dia mengatakan, pupuk ini bertujuan memulihkan tanah yg telah tandus dan gersang, merestorasi tanah dan meningkatkan hasil produksi baik dari segi kuantitas dan kwalitas yang berkelanjutan.  Dan tentunya akan meningkatkan pendapatan umat demi kesejahteraan mereka.  “Pupuk ini mendorong umat untuk menjaga bumi sebagai tempat tinggal bersama. Pos  ecosophy adalah tanda bahwa Allah menyertai segala rencana dan perjuangan umat Delitua,” pungkasnya.

Selain persembahan Ekaristi, perayaan syukur ultah perdana ini juga dilengkapi pemberkatan patung St. Fransiskus Assisi dan penanaman pohon oleh Bapa Uskup serta beberapa tokoh Katolik KAM di lokasi produksi pupuk POS Ecosophy.

(Ananta Bangun)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.