Bagaimana mulai menulis? (1)


Meskipun menulis adalah kegiatan komunikasi yang umum, tak semua orang mudah menuliskan gagasan atau perasaannya. Terutama jika hasil karya tulis itu akan dibaca khalayak ramai.

Jika kamu sering mengalami tantangan tersebut, mungkin inspirasi video ini bisa membantu.

Seumpama memasak, sebuah karya tulis tentu saja membutuhkan sejumlah bumbu. Dalam kegiatan menulis, supaya mudah kita pahami, bumbu ini adalah bahan yang akan kita olah menjadi tulisan utuh nanti.

Bumbu atau bahan tadi bisa kita kumpulkan sebanyak mungkin, dengan mengutip buku ataupun dari internet, wawancara, bahkan dari pengalaman diri sendiri (dalam hal ini, misalnya ketika kita ingin menulis tentang satu kuliner yang belum pernah kita makan).

Nah, setelah terkumpul sesuai keinginan kita, bumbu ini perlu kita kupas agar nanti saling melengkapi dalam tulisan yang kita buat. Tidak semua kutipan, teks wawancara dan catatan dari pengalaman pribadi tersebut dijejalkan seluruhnya ke dalam tulisan.

Upayakan agar bahan yang dimuat ke dalam tulisan, ditulis pendek. Ini agar nanti pembaca bisa mudah memahami apa yang sedang kita ceritakan atau paparkan.

Setelah draft atau versi awal tulisan rampung, coba kamu beri kepada beberapa teman atau keluarga, agar mereka membacanya. Bisa jadi, kita akan memperoleh masukan berharga. Semisal: Alur tulisan kurang mengalir karena pergantian topik tak jelas, atau tambahan ide baru agar tulisan tersebut semakin menarik.

Kalau bingung untuk mencari ide buat tulisan, kita bisa menelusur isu penting/ menarik di media cetak dan online, atau sekedar dari menjelajah alam sekitar.

Hayuk mulai memetik ide-ide buat menulis, dan jadikan dunia yang lebih baik dengan berbagi gagasan atau kabar dari tulisanmu.

Selamat menulis!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.