Mgr. Pius Datubara Berkati Gereja Paroki Parsoburan


IMG_0639
Misa pemberkatan gereja paroki Parsoburan dipimpin Mgr. Pius Datubara

Parsoburan, Menjemaat

Uskup Emeritus KAM, Mgr. A.G. Pius Datubara OFMCap, Minggu (17 November 2019), memimpin misa dedikasi Gereja Paroki St. Yoseph Parsoburan. Ratusan umat turut dalam persembahan ekaristi pemberkatan gedung gereja baru ini, bersama puluhan imam termasuk Parochus Paroki Parsoburan, RD. Bernardus Sijabat.

Dalam buku kenangan dedikasi gereja ini, Pastor Bernard menyampaikan, upaya pembangunan dimulai pada awal April 2016. “Lama dinanti 3,7 tahun lamanya selesai, tentu karena biaya yang selalu dalam pencarian, tidak ada dana yang terus bisa diandalkan,” ucapnya. “Banyak juga gereja ini disumbang oleh para donatur baik, dari sekitar maupun yang jauh dari paroki. Entah secara pribadi, keluarga maupun instansi. Serta melalui gotong royong umat dari kota Parsoburan.”

Bupati Toba Samosir, Darwin Siagian turut memberi apresiasi upaya panitia menyelesaikan pembangunan gedung gereja yang terletak di kecamatan Habinsaran. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Toba Samosir mengucapkan selamat pemberkatan Gereja Paroki Parsoburan. Pembangunan gereja ini tentunya membutuhkan pengorbanan, baik pikiran, waktu, tenaga maupun biaya yang tidak sedikit.”

Sementara, Uskup KAM, Mgr. Kornelius mendorong umat agar senantiasa menjadikan gereja paroki sebagai tempat perjumpaan dengan Allah. “Hendaknya kita sungguh memanfaatkan rumah Allah ini sebanyak mungkin. Itu semua sarana berjumpa dengan Allah. Karena bangunan yang kita resmikan ini adalah rumah Allah, maka seharusnya kita sebagai umat Allah menjaga kesakralan rumah ini,” tuturnya, sebagaimana dikutip dalam buku kenangan.

(Ananta Bangun)

IMG_0629
Parochus Parsoburan, RD. Bernardus Sijabat membuka pintu gereja paroki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.