Gallery

Aktivis Komsos Paroki Padang Bulan Belajar Jurnalistik Media Online


Aktivis Komsos Paroki Padang Bulan diabadikan bersama narasumber
Aktivis Komsos Paroki Padang Bulan diabadikan bersama narasumber

Komsoskam.com – Medan, Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KAM memandu Training Jurnalistik Media Online bagi aktivis komsos di Paroki St. Fransiskus Assisi Padang Bulan, Medan. Kegiatan pembekalan, pada Minggu (20 Oktober 2019), diikuti puluhan umat setempat dan Vikaris Parokial, RP. Yanuarius Tarsik Berek, OFM Conv.

“Kegiatan ini penting dan baik untuk kita pelajari, tidak hanya untuk pengembangan website paroki, namun juga mengasah keahlian komunikasi sosial dan katakese di kalangan umat. Khususnya para aktivis komunikasi sosial di paroki ini. Teknologi komunikasi dan informasi amat relevan dalam upaya pastoral,” ujar Pastor Yan memberi motivasi dan kata pembukaan.

Ada tiga sesi dipaparkan dalam training, yakni: pemahaman dasar tentang komsos, praktik jurnalistik dan penentuan rencana tim aktivis komsos Paroki Padang Bulan ke depannya.

“Sejak pengenalan dekrit Inter Mirifica sebagai akar mula pastoral Komunikasi Sosial. Gereja telah membaca tanda zaman, termasuk perkembangan teknologi komunikasi dan informasi untuk lahan pastoral. Alkitab sendiri termasuk salah satu media komunikasi sosial yang membantu pewartaan hingga sampai ke tempat kita saat ini,” ujar staf Komsos KAM, Ananta Bangun saat mempresentasikan materi pemahaman dasar mengenai komunikasi sosial.

Selain materi pemahaman dasar, pemateri juga memandu kegiatan praktik agar peserta lekas menyerap training. Peserta pelatihan dipecah ke dalam beberapa kelompok dan diberi tugas untuk menghasilkan beberapa artikel untuk dimuat di website Paroki Padang Bulan.

“Peserta juga perlu memahami karakter artikel untuk media online, yakni: ringkas, langsung ke ide utama dan memanfaatkan multimedia. Tentu saja, karakter ini akan memudahkan pembaca untuk memahami isi artikel. Di samping, menarik perhatian pembaca untuk terus berkunjung ke website paroki kita,” terang Ananta.

Pada sesi diskusi akhir, tim aktivis komsos Paroki Padang Bulan, sepakat untuk merampungkan tugas menulis artikel per pribadi. Selain itu, hadirin juga menyepakati pembentukan tim redaksi bagi media online paroki, sebelum dilauching pada momen Rapat Kerja Pastoral (RKP) Paroki Padang Bulan pada November 2019.

(Ananta Bangun)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.