Grid, Teman Karib Para ‘Layouter’


Ilustrasi dipinjam dari: medium.com

Kemarin kita sudah berkenalan dengan sahabat Redaksi, dummy majalah. Nah, selain beliau ada juga kolega – yang sangat akrab bagi para layouter/ desainer majalah. Namanya, grid.

Grid adalah sistem garis horizontal dan vertikal (yang tidak turut dicetak) untuk memisahkan elemen-elemen dalam halaman. Garis-garis ini disusun ke dalam elemen dasar halaman (untuk menempatkan konten teks, ilustrasi, dll.).

Kerangka dari grid membantu desainer grafis, untuk menata objek (teks dan gambar) agar konsisten dan jelas. Jika desain layout-nya tersusun dengan rapi maka pembaca akan merasa lebih nyaman dan rileks membacanya.

Mengapa perlu menggunakan grid? Grid adalah solusi pemecahan permasalahan ruang (space). Yakni, menata ruang menjadi lebih terstruktur menurut hierarki visual sehingga informasi lebih mudah dipahami pembaca. Di samping itu, penggunaan grid yang benar juga membantu pembaca guna menyeleksi berbagai jenis informasi.

Jika hendak menelusur sejarah grid, sila layari tautan pustaka pertama dalam tulisan ini. Guna semakin akrab dan menjadi teman karib dari si Grid.

 

Sumber:

https://blog.prototypr.io/grid-system-as-backbone-of-every-good-design-part-1-545a6c9800fe

https://www.bitebrands.co/2010/04/semua-berawal-dari-grid.html

Ilustrasi dipinjam dari: medium.com

Comments are closed.